Acara Talk Show Raditya Dika di Makassar Mengecewakan

Image

Mohon maaf kalau saya harus berkomentar disini tentang acara Talk Show mas Radit d kampus UIN Makassar.

Secara pribadi saya awalnya sangat senang akhirnya bisa bertemu dan belajar langsung bersama penulis terkenal mas Raditya Dika. Tetapi ada yang mengecewakan bagi saya dalam sesi acara Talk Show tersebut,  munkin sebagian peserta juga ada yang berpendapat sama dengan saya. Apa yang diberikan mas Raditya Dika memang sudah cukup menghibur tetapi bukan berarti kepuasan pembelajaran untuk belajar menulis yang lebih baik juga saya dapatkan.

Hal yang paling mengecawakan bagi saya adalah saat sesi tanya jawab, mengapa pemberian kesempatan kepada peserta hanya sedikit yakni 3 kesempatan dengan jumlah peserta yang  begitu banyak, bagaimana munkin pembelajaran  menulis bisa kita dapat jika kesempatan bertanya peserta sangat terbatas, padahal waktu jadwal acara yang tertera di tiket adalah acara dimulai jam 1 siang sampai jam 5 sore, tetapi acara sudah selesai sekitar jam 3, dan ini mebuat saya bertambah kecewa terhadap manual acara Talk Show tersebut. Dan munkin karena itu juga banyak peserta lain yang terlambat karena mengira acaranya sampai jam 5, tetapi pada kenyataannya acara sangat cepat selesai.

Kekecewaan saya semakin menjadi-jadi ketika masuk ke acara sesi menulis. Sekitar 400 peserta sudah membuat  tulisannya termasuk saya yang dengan kerja keras mencari materi serta menyelesaikannya dan sebagian besar pasti berharap tulisannya bisa dapat dinilai oleh mas Radit tetapi sayang kesempatan tersebut hanya seorang peserta yang beruntung mendapatkan. Tentu banyak peserta termasuk saya sangat kecewa karena merasa apa yang ditulisnya sia-sia. Bagaimana munkin acara tersebut bisa dikatakan belajar menulis jika kesempatan kita untuk mendapat pelajaran sangat sedikit dengan kesempatan bertanya dan kesempatan untuk dinilai sama sekali tidak ada.

Tulisan ini bukan untuk menjelekkan atau apapun sejenisnya, tetapi bisa menjadi pengalaman untuk bisa membuat acara seperti Talk Show yang lebih memberikan manfaat yang betul-betul terasa.